Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Diposting pada

Persebaran flora dan fauna di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman baik dari segi suku, bahasa, budaya, flora dan fauna. Indonesia sendiri memiliki persebaran flora dan fauna yang beragam. Misalnya saja flora dan fauna yang ada di ujung Sumatera tentu sangat berbeda dengan flora dan fauna yang ada di wilayah Papua. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti

  1. Indonesia terletak di kawasan tropik yang beriklim stabil.
  2. Indonesia berada diantara dua benua besar yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
  3. Wilayah Indonesia sangat luas sehingga memungkinkan adanya berbagai spesies hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya.

PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

Untuk lebih memahami, berikut ulasan lengkap mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia, check it out!

PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA

 

Flora merupakan kelompok yang terdiri dari tumbuh-tumbuhan (Plantae). Keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada di Indonesia juga dikenal sangat berlimpah, bahkan banyak peneliti dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk melakukan penelitian. Persebaran flora di Indonesia meliputi tiga macam yaitu?

  1. Flora Australis

Flora pada daerah ini meliputi wilayah Papua yang terdiri dari 3 macam yaitu Pohon sagu nipah dan mangrove, hutan hujan tropis dan yang terakhir adalah jenis Pometia pinnata.

  1. Flora Pada Daerah Peralihan

Pada pulau Sulawesi, ada banyak jenis flora yang mirip dengan wilayah lain seperti Maluku, Nusa Tenggara, Jawa dan Filipina. Flora yang ada di Pulau Sulawesi kebanyakan memiliki karakteristik campuran dari Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur.

Baca juga : Pertumbuhan dan perkembangan manusia di bumi

  1. Flora Asiatis

Flora yang ada pada daera ini meliputi flora di Pulau Sumatra seperti flora endemik, flora yang ada pada pantai timur (hutan mangrove & rawa gambut) dan flora yang ada pada bantai barat.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

PERSEBARAN FAUNA DI INODONESIA

Persebaran fauna di Indonesia berdasarkan lingkungan geografi dapat dibagi menjadi 7, yaitu:

  1. Hutan Mangrove

Hutan mangrove adalah hutan yang biasanya ada pada daerah koastal. Hutan mangrove sendiri biasanya terdiri dari berbagai macam tanaman mangrove. Karena hidup di daerah dengan salinitas tinggi, mangrove memiliki morfologi yang berbeda dari tumbuhan yang ada di darat.

  1. Hutan Rawa

Hutan rawa juga banyak terdapat di Indonesia. Kebanyakan tanah rawa dimanfaatkan untuk tanah pertanian. Kayu yang biasanya ada pada rawa gambut adalah kayu ramin. Wilayah hutan rawa gambut mudah ditemukan pada pulau Kalimantan.

  1. Hutan Lumut

Hutan lumut atau tundera biasa ada pada dataran tinggi yang memiliki kelembaban tinggi karena sering tertutup kabut dan temperatur yang rendah.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

  1. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah hutan dengan ciri khas pohon yang menjulang tinggi sehingga bagian permukaan tanah tertutup oleh kanopi pohon. Hutan tropis juga dikenal sebagai hutan yang sangat lebat karena berada pada wilayah dengan curah hujan tinggi.

  1. Hutan Musim

Hutan musim atau juga dikenal sebagai hutan homogen adalah hutan dengan jenis tumbuhan yang sejenis. Tumbuhan yang ada pada hutan ini umumnya akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi evaporasi.

  1. Stepa

Stepa adalah daerah dengan padang rumput yang sangat luas. Biasanya stepa terdapat pada daerah dengan cukup curah hujan seperti wilayah pada bagian barat seperti Jawa Barat dan Sumatra Barat.

  1. Sabana

Yaitu wilayah dengan padang rumput yang luas namun masih terdapat pohon dan semak-semak. Biasanya terdapat pada daerah dengan suhu yang cukup panas seperti Madura, Nusa Tenggara dan dataran tinggi Gayo Aceh.

PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

Persebaran fauna yang ada di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian yaitu fauna Asiatis, Peralihan dan Australis. Berikut masing-masing penjelasannya

  1. Fauna Indonesia Asiatis (Bagian Barat)

Pada Indonesia bagian barat memiliki fauna yang sangat khas dan berkerabat dekat dengan fauna yang ada pada Benua Asia. Wilayah Indonesia bagian barat meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Pada ketiga wilayah tersebut memiliki hewan mamalia dari berbagai jenis, reptile, aves dan serangga hingga pisces. Banyak juga hewan endemik yang ada pada Indonesia bagian barat seprti orang utan, tapir, badak bercula satu, ikan pesut dan lain sebagainya.

  1. Fauna Peralihan

Fauna peralihan atau biasa disebut fauna kawasan Wallace adalah fauna peralihan dari kedua jenis yang lain yaitu Asiatis dan Australis. Wilayahnya terdiri dari pulau Sulawesi dan pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Contoh fauna endemik pada daerah peralihan adalah komodo, anoa, burung maleo dan sebagainya.

  1. Fauna Indonesia Australis (Bagian Timur)

Jenis fauna yang satu ini memang memiliki karakter yang sangat mirip dengan fauna yang ada pada benua Australia seperti wallaby, kanguru dan lain-lain. Wilayah fauna Australis meliputi pulau Papua dan sekitarnya. Contoh fauna endemik yang ada pada wilayah ini adalah cendrawasih, burung kasuari, kanguru pohon dan lain sebagainya.

Itulah tadi penjelasan mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia. Dengan membaca artikel diatas, diharapkan akan menambah wawasanmu mengenai kekayaan yang ada di Indonesia. Demikian artikel tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Setiowati, T. & Furqonita, D., 2007. Biologi. Jakarta: Azka Press.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *