Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Posted on

Semua makhluk hidup pasti memiliki karakteristik spesifik seperti respirasi, tumbuh dan berkembang begitu juga manusia. Tentu kita sering mengamati pertumbuhan dan perkembangan manusia secara tidak langsung bukan? Manusia sudah mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan baik sebelum lahir maupun setelah lahir. Pada penjelasan kali ini penulis akan berbagi mengenai tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia dari sebelum lahir dalam kandungan hingga manula dalam kehidupan di dunia yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang kita tahu bahwa pertumbuhan adalah perubahan pada makhluk hidup yang bersifat kuantitatif atau bisa diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka seperti tinggi badan, berat badan dan lain sebagainya. Sedangkan perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif atau tidak dapat diukur menggunakan satuan angka.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia baik sebelum dan sesudah lahir. Check it out!

TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SEBELUM LAHIR


pertumbuhan dan perkembangan manusia

Sebelum lahir, manusia akan masuk pada tahap embrio terlebih dahulu yaitu dengan diawali proses fertisilasi antara sel sperma dan sel telur, kemudian akan terjadi fusi dan pembelahan secara terus menerus dan terbentuklah fase-fase seperti zigot, morulla, blastula, grastula dan embrio atau janin.

  1. Zigot

Zigot adalah tahap embrionik yang pertama, yaitu dimulai dari proses fusi antara sel telur dan sel sperma.

  1. Morulla

Tahap selanjutnya ialah zigot akan terus mengalami pembelahan secara mitosis. Pada fase morulla ini akan terjadi pertambahan jumlah sel tanpa diikuti dengen pertambahan masa sel.

  1. Blastulla

Setelah fase morulla, berikutnya ada fase blastulla, atau sekumpulan sel yang membentuk rongga sel (blastocoel) yang berisi cairan.

Baca juga : 4 Komposisi penyusun tanah dan fungsinya

  1. Grastulla

Sampai pada tahap ini, sel akan terus melakukan proliferasi. Lama kelamaan akan ada dua kutub yang terbentuk. Dua kutub tersebut adalah kutub vegetal dan kutub animal. Sel yang ada pada kutub animal membelah lebih aktif dibandingkan dengan kutub vegetal, sehingga terbentuk suatu lipatan atau invaginasi. Lipatan ini akan membentuk jaringan embrional yang terbagi menjadi lapisan ektoderm, mesoderm dan endoderm.

Jaringan ektoderm nantinya akan terdeferensiasi menjadi rangka, saraf dan alat indera. Mesoderm nantinya akan terdiferensiasi menjadi rangka, otot, sistem peradaran darah, organ ekskresi dan organ reproduksi. Sedangkan lapisan endoderm nantinya akan terdiferensiasi menjadi alat pencernaan dan alat pernafasan.

TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SETELAH LAHIR

Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia setelah lahir tentunya sudah sering kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Balita

Balita adalah masa usia dibawah lima tahun. Pada umumnya pada usia ini manusia akan mengalami perkembangan fisik, motorik dan komunikasi yang sangat pesat.

  1. Anak-anak

Anak-anak adalah masa manusia kisaran 6 hingga 10 tahun. Pada masa ini manusia akan mulai bisa berfikir dan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Pada masa ini manusia juga akan memiliki keingintahuan yang sangat besar, mulai mengerti mana yang baik dan yang buruk serta perkembangan emosional.

Baca juga : Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

  1. Remaja

Masa remaja adalah masa dimana manusia akan mengalami banyak perubahan fisik yang cukup drastis baik pada perempuan maupun laki-laki pada usia 11-18 tahun. Perubahan ini juga dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang sudah mulai berfungsi. Perubahan yang sangat jelas terlihat pada remaja laki-laki adalah perubahan suara yang semakin berat, dada menjadi bidang serta tinggi badan yang meningkat drastis. Sedangkan pada remaja perempuan akan terlihat mulai tumbuhnya payu dara, pinggul dan terjadinya siklus menstruasi.

  1. Dewasa

Masa dewasa merupakan masa diantara remaja dan manula. Pada masa ini umumnya pola pikir manusia menjadi makin matang dan lebih logis. Pada masa ini juga semua organ reproduksi dinilai cukup matang sehingga sering disebut sebagai masa reproduksi yang baik.

  1. Manula

Fase manula adalah masa dimana hampir semua fungsi tubuh manusia yang semakin mengalami penurunan. Misalnya saja pada masa ini manusia akan banyak mengalamai masalah pendengaran, penglihatan. Pada wanita juga akan terjadi menopause, yaitu terhentinya siklus menstruasi.

Itulah tadi pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam ilmu biologi. Setelah membaca artikel diatas, diharapkan kamu akan lebih mudah dalam memahami pengertian dan penjelasan dari pertumbuhan dan perkembangan manusia. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Wasis & Irianto, S. Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Gramedia