Fungsi Tulang Paha dan Tulang Kering pada Manusia

Posted on

Fungsi tulang paha dan tulang kering.  Manusia termasuk makhluk hidup yang mempunyai rangka dengan banyak fungsi. Rangka tersebut terdiri dari 3 bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Kesemuanya berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan manusia.  Di mana setiap rangka tersusun atas tulang-tulang yang mempunyai fungsi masing-masing.

Tulang paha dan tulang kering merupakan bagian dari rangka anggota gerak bagian bawah atau kaki. Kedua tulang ini mempunyai fungsi dan peranan yang cukup penting dalam sistem gerak manusia dan organ tubuh secara keseluruhan. Fungsi tulang paha dan tulang kering pada manusia tersebut akan dibahas secara lebih mendalam dalam uraian di bawah ini.

Fungsi Tulang Paha

fungsi tulang paha dan tulang kering

Menurut bentuknya, tulang paha termasuk tulang panjang atau tulang pipa. Letaknya secara anatomis di bagian kaki atau bagian bawah badan. Tulang paha sering disebut juga tulang femur. Femur ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama, dikenal dengan nama proximal di mana kepala dan leher dari tulang berada. Bagian kedua, fundulus diske. Di bagian ini tulang paha membentuk persendian. Secara umum, fungsi tulang paha dan tulang kering sama, yaitu sebagai alat gerak manusia. Namun, secara terperinci dan lengkap, fungsi tulang paha adalah sebagai berikut:

1. Penyangga Tubuh

Tulang paha termasuk tulang yang paling kuat. Tulang ini menyangga tubuh bagian atas, bersama bagian lain rangka gerak bawah.

2. Penghubung

Tulang paha menghubungkan tulang pinggul dengan lutut karena letaknya yang berada di tengah.

3. Membentuk Sendi

Tulang paha dan pinggul membentuk sendi putar, tepat di antara sambungan antar tulang.

4. Melekatnya Otot

Tulang yang menjadi bagian dari rangka termasuk alat gerak pasif. Alat gerak aktif pada tubuh manusia adalah otot. Jika kelihatan tulang melakukan gerakan, itu karena otot yang melekat. Pada tulang paha, otot bisep menempel. Gerakan antagonis bisep dan trisep memungkinkan paha melakukan gerakan.

5. Membentuk Tubuh

Sebagaimana fungsi rangka, tulang paha mempunyai fungsi memberi bentuk pada tubuh bagian bawah.

6. Membentuk Sel Darah Merah

Sumsum tulang paha memperoduksi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh.

7. Melekatnya Tempurung Lutut

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tulang paha menghubungkan lutut dengan tulang pinggul. Berarti tulang ini berfungsi sebagai tempat menempelnya tempurung lutut yang menutup persendian bagian bawah.

8. Alat Gerak

Tulang paha berfungsi sebagai alat gerak pasif. Tanpa tulang, otot tidak mempunyai tempat. Gerakan tidak akan terjadi.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Fungsi Tulang Kering

Tulang kering berada di bagian bawah kaki, di depan tulang betis. Bentuknya sama dengan tulang paha yang memanjang. Tulang ini sering disebut tulang tibia atau seruling karena bentuknya yang kecil seperti pipa seruling. Meskipun demikian, fungsi tulang paha dan tulang kering saling melengkapi satu sama lain. Fungsi tersebut, antara lain:

1. Menghasilkan Sel Darah Merah

Sama halnya dengan tulang paha, sumsum pada tulang kering menghasilkan sel darah merah.

2. Menyediakan Mineral Tubuh

Di tulang kering, mineral seperti Kalsium dan Posfor dihasilkan selain dari nutisi yang dikonsumsi.

3. Penghubung

Tulang kering juga berfungsi sebagai penghubung antar tulang. Tulang kering menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki.

4. Menstabilkan Tubuh

Tulang kering membuat tubuh stabil ketika berdiri. Sedikit saja tulang ini bermasalah, maka tubuh tidak dapat berdiri tegak.

5. Menyangga Tungkai Bawah

Tulang kering yang kecil ternyata penting bagi tulang lain di sekelilingnya. Tulang tersebut menyangga otot pada tungkai kaki atau tungkai bawah.

6. Menopang Berat badan

Letaknya yang berada di bagian bawah tubuh membuat tulang kering bersama tulang paha menopang seluruh berat badan.

7. Alat Gerak

Tulang kering sebagai alat gerak pasif, membuat pergelangan kaki dapat bergerak dengan persendiannya.

8. Membentuk Tubuh

Tulang kering membentuk tubuh bagian bawah. Tanpa tulang bagian bawah ini, bentuk tubuh manusia tidak akan seindah sekarang.

Itulah info organ tubuh manusia kali ini. Bagian tulang yang tidak kalah penting dengan tulang badan atau anggota tubuh yang melindungi organ penting manusia. Tulang ini tidak maksimal fungsinya jika cedera, patah, mengalami osteopororis, pelemahan otot, dan kanker. Oleh karena itu, fungsi tulang paha dan tulang kering harus dijaga sebaik mungkin.