Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Sumber : tribunnews.com

Pengertian dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Posted on

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan bagian dari fungsi Pancasila sebagai dasar negara.  Pancasila yang dimaksud, yaitu Pancasila yang sah terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 yang disahkan oleh sidang PPKI I, 18 Agustus 1945.  Kata panca, yang berarti lima dan sila adalah aturan dasar atau prinsip dasar.  Nilai-nilai nenek moyang Indonesia yang telah ada sejak ratusan tahun sebelumnya dan dirumuskan oleh Ir Soekarno, 1 Juni 1945 pada sidang BPUPKI I.  Jadi, Pancasila bukanlah ciptaan Presiden pertama Indonesia atau tokoh pendiri bangsa lain.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia adalah Pancasila mengatur kehidupan seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara.  Pancasila menjadi pegangan hidup dan norma semua semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia.  Sebagai warga negara, seluruh rakyat Indonesia harus mengimplementasikan semua sila Pancasila dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari.  Jika seluruh rakyat dan warga negara Indonesia sudah mengimpelemantasikan tanpa terkecuali maka tujuan pembangunan Indonesia, masyarakat adil dan makmur akan segera tercapai.

Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Telah diketahui, jika Pancasila sudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maka cita-cita bangsa akan lebih mudah terwujud.  Hal ini berkaitan dengan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa itu sendiri.  Fungsi Pancasila tersebut, antara lain:

1. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Petunjuk Menyelesaikan Berbagai Masalah

Pancasila sebagai pandangan hidup dapat menjadi petunjuk menyelesaikan berbagai masalah ideologi, politik, sosial, dan ekonomi bangsa.  Semua hal sudah terangkum dalam sila Pancasila.  Setiap sila mengandung pemecahan masalah di segala bidang.  Masalah keberagaman dan kemanusiaan (termasuk hak asasi) ada di sila pertama, masalah persatuan di sila ketiga, masalah kepemimpinan dan cara memecahkan masalah di sila keempat, dan masalah keadilan ekonomi di sila kelima, dan seterusnya.

2. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan kepribadian Bangsa Indonesia.  Sebuah kepribadian dan karakter bangsa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.  Penyelesaian masalah dengan cara musyawarah untuk mufakat hanya ada dalam Pancasila.  Negara lain hanya mengenal keputusan bersama atas dasar suara terbanyak.

3. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Pemersatu Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempersatukan seluruh bangsa.  Bangsa yang terdiri dari keberagaman agama, rasa, suku, bahasa, dan kebudayaan ini memiliki satu tujuan dan satu cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.  Diwujudkan dengan cara mengamalkan Pancasila.

4. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Berperan dalam Setiap Aktivitas

Pancasila berperan dalam setiap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan masyarakat Indonesia, secara langsung dan tidak langsung, secara sengaja dan tidak sengaja.  Mengapa?  Karena pada dasarnya, Pancasila sudah menjadi jiwa Bangsa Indonesia.

Baca juga artikel menarik lain seputar fungsi dan pengertian :

5. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Pedoman di Semua Aspek Kehidupan

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa berperan dalam semua aspek kehidupan.  Ini menegaskan kembali bahwa Pancasila ideologi.  Ide dasar dalam setiap sendi kehidupan untuk mewujudkan tujuan bersama.

6. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Tata Cara Penyelenggaraan Negara

Tidak ada pengecualian dalam mengimplementasikan Pancasila, berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia dalam semua aktivitas.  Termasuk dalam tata cara penyelenggaraan negara.  Jika semua penyelenggara negara sesuai ketentuan dalam Pancasila, maka tidak akan ada kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme.

7. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Sumber Semangat dan Motivasi

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dapat berfungsi sebagai sumber motivasi dan semangat.  Ketika negara sedang dalam masalah ekonomi, yakin bahwa kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa akan menyelesaikannya. Dalam sila-sila Pancasila terkandung keyakinan dan semangat bahwa masalah apapun dapat diatasi jika seluruh rakyat Indonesia bersatu.

Demikian artikel kali ini.  Sungguh sejahtera dan nyaman kehidupan berbangsa dan bernegara, jika semua memahami pengertian dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

One thought on “Pengertian dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Comments are closed.