pengertian sumber daya alam

Pengertian Sumber Daya Alam

Diposting pada

Pengertian sumber daya alam – Kamu tentu sudah tentu sudah tidak asing dengan istilah sumber daya alam atau biasa disingkat SDA bukan? Sumber daya alam merupakan segala unsur yang ada di alam. Unsur ini dapat berupa biotik maupun unsur abiotik dan dapat digunakan untuk menghasilkan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti yang kita tahu bahwa unsur alam memang tidak bisa dipisahkan dari seluruh aspek kehidupan manusia. Di satu sisi, alam bisa jadi kendala seperti terjadinya bencana alam atau keadaan yang tidak bersahabat, namun di sisi lain alam merupakan sumber daya yang mendukung kesejahteraan manusia.

Sumber daya alam merupakan lingkungan alam yang didefinisikan sebagai keadaan lingkungan dari bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada pula definisi lain dari sumber daya alam yaitu hasil penilaian manusia terhadap unsur lingkungan hidup yang dibutuhkannya. Sumber daya alam sendiri dapat dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis.

PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam dapat dikelompokan berdasarkan sifatnya yaitu sumber daya alam fisik (abiotik) dan hayati (biotik). SDA abiotik adalah seluruh kekayaan alam yang bukan termaus makhluk hidup, sedangkan SDA biotik merupakan sumber daya yang merupakan makhluk hidup.

pengertian sumber daya alam

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Pembaharuan

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI (RENEWABLE)

Yaitu kelompok sumber daya yang dapat terus digunakan oleh manusia secara terus-menerus dan dapat dilestarikan. Contohnya adalah tumbuhan, hewan dan hasil hutan.

  1. Sumber daya tanah termasuk dalam SDA yang dapat diperbaharui. Tanah merupakan bagian atas litosfer yang menjadi media bagi tanaman untuk tumbuh. Tanah sendiri terdiri dari 4 bagian utama, yaitu unsur hara yang berasal dari organisme mati yang telah terurai, unsur air, udara dan komponen bahan organik lain.
  2. Sumber daya alam hayati meliputi makhluk hidup yang tinggal di bumi termasuk hewan, tumbuhan dan manusia. Ketiga anggotanya merupakan makhluk hidup sehingga disebut sebagai sumber daya hayati.

SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI (NON RENEWABLE)

Yaitu sumber daya yang hanya dapat digunakan sekali saja dan tidak dapat dilestarikan atau di daur ulang. Karena tidak dapat dilestarikan, otomatis sumber daya ini bisa punah suatu saat. Contohnya adalah minyak bumi, timah, gas alam dan batubara. Di Indonesia, hasil tambang sendiri dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Bahan galian A (bahan galian strategis), yaitu semua jenis barang tambang yang sangat penting bagi pertahanan dan keamanan negara. Contohnya minyak bumi, gas alam, batubara, aspal dsb.
  2. Bahan galian B (bahan galian vital), yaitu barang galian yang menguasai hajat hidup orang banyak. Contohnya emas, perak, platina dsb.
  3. Bahan galian C, yaitu barang-barang tambang yang dibutuhkan untuk dunia industri. Contohnya adalah mineral non-logam seperti batu, pasir, permata dsb.

SUMBER DAYA ALAM YANG JUMLAHNYA TIDAK TERBATAS (UNLIMITED)

Sumber daya berikutnya adalah kelompok yang jumlah di alam tidak terbatas. Dalam hal ini berarti kita dapat menikmati sumber daya alam ini sepuasnya sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya air, sinar matahari dan udara.

Sumber daya alam dapat dikelompokan berdasarkan sifatnya yaitu sumber daya alam fisik (abiotik) dan hayati (biotik). SDA abiotik adalah seluruh kekayaan alam yang bukan termasuk  makhluk hidup, sedangkan SDA biotik merupakan sumber daya yang merupakan makhluk hidup.

Ciri-ciri dan contoh hewan mamalia lengkap

Itulah tadi pengertian sumber daya alam. Walaupun beberapa sumber daya berjumlah melimpah, kita harus tetap bijaksana dalam menggunakannya, bukan malah mengeksploitasinya secara besar-besaran. Misalnya saja perburuan hewan langka dan pembalakan liar. Mungkin dulu satu jenis hewan tertentu bukan merupakan hewan langka, akan tetapi setelah diburu terus menerus tentunya suatu saat nanti hewan tersebut akan punah. Maka dari itu kita tidak boleh rakus. Boleh memanfaatkan sumber daya alam yang ada, tetapi jangan sampai mengubah ekosistem yang ada. Jika alam rusak, tentu penyebabnya adalah ulah manusia bukan? Dan yang rugi pun manusia. Jadi selagi menggunakan ilmu sumber daya alam, kita juga jangan sampai lupa akan konsep konservasi untuk melestarikan alam untuk masa depan.

Demikian artikel mengenai pengertian sumber daya alam. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu dan meningkatkan kesadaran untuk melestarikannya ya guys. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Hanafie, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pongtuluran, Yonathan. 2015. Manajemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *