penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Diposting pada

Bakteri adalah organisme prokariot yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri jenisnya banyak sekali. Walaupun berukuran mikroskopis, bakteri memiliki peranan yang cukup besar pada suatu ekosistem. Bahkan bisa dibilang kita tak bisa hidup tanpa bakteri loh guys. Secara umum, bakteri dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu bakteri yang menguntungkan dan bakteri yang merugikan. Contoh bakteri yang menguntungkan adalah bakteri yang ada pada sistem pencernaan manusia. Dalam jumlah yang seimbang, keberadaan bakteri bahkan sangat diperlukan untuk mempermudah pemecahan zat makanan dalam tubuh. Selain dalam pencernaan, bakteri juga tersebar dipermukaan kulit manusia.

Ada positif, ada pula negatif. Begitu pula dengan bakteri, ada yang menguntungkan, ada pula yang merugikan. Merugikan disini dalam artian dapat mengakibatkan ketidakseimbangan metabolisme bahkan menyebabkan penyakit. Jika dalam jumlah yang sedikit, bakteri tertentu mungkin tidak akan berpengaruh apapun dalam tubuh manusia. Namun harus kita ingat bahwa bakteri memiliki kemampuan memperbanyak diri dalam waktu yang relatif singkat dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan penyakit pada organisme yang diinfeksinya. Penyakit yang ditimbulkannya pun beragam, sebagian merupakan penyakit ringan dan sebagian lagi penyakit yang terbilang cukup berat dan butuh penanganan khusus.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Check it out!

PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI

#DIARE

Penyakit diare tentu paling banyak ditemui dari sekian banyak penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri. Diare biasanya disebabkan karena adanya bakteri yang masuk bersama makanan yang mungkin kurang higienis. Kemudian bakteri tersebut akan masuk ke sistem pencernaan dan menyebabkan gejala diare.

#INFEKSI KULIT

penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Seperti yang kita tahu bahwa diseluruh permukaan kulit terdapat bakteri yang bersarang. Dalam keadaan normal, bakteri tersebut tidak akan mengganggu kesehatan kita. Namun jika ada kulit yang luka, keberadaan bakteri tersebut bisa menimbulkan infeksi. Itulah sebabnya kita harus memberi antibiotik pada kulit yang mengalami perlukaan untuk membunuh bakteri dan menghindari infeksi lebih lanjut. Contoh bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada kulit adalah Staphylococcus aureus.

#DISENTRI

Disentri adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan dinilai cukup serius sehingga membutuhkan penanganan khusus. Gejala disentri biasanya berupa munculnya darah saat buang air besar, diare yang berkepanjangan dan disertai demam. Bakteri penyebab disentri adalah Shigella dysenteriae.

#ANTRAKS

Mungkin kamu biasa mendengar penyakit antraks pada sapi. Selain menyerang sapi, bakteri Bacillus anthracis juga bisa menginfeksi manusia. Jika kita menyentuh atau memakan daging sapi yang terinfeksi bakteri tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kita akan ikut terinfeksi. Itulah sebabnya vaksin hewan ternak benar-benar harus diperhatikan.

#KUSTA

Kusta adalah penyakit kulit yang biasanya menyerang bagian tangan, daun telinga atau mukosa hidung dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium. Penyakit kusta termasuk penyakit yang berbahaya dan bisa menular. Maka dari itu penderita kusta juga membutuhkan perawatan khusus agar benar-benar sembuh dari penyakit ini.

#TETANUS

Tetanus adalah penyakit yang menyerang bagian tubuh yang mengalami perlukaan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah otot yang terinfeksi terasa kaku dan nyeri. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah Clostridium tetani. Bakteri ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa walaupun dalam keadaan oksigen yang rendah.

#DIFTERI

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi Corynebacterium. Biasanya penyakit difteri menginfeksi remaja dan orang dewasa. Difteri termasuk dalam penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Bakteri yang menginfeksi akan memproduksi senyawa racun dan jika terakumulasi akan mengakibatkan kegagalan pada proses metabolisme.

#MENINGITIS

Meningitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menginfeksi selaput otak dan saraf tulang belakang sehingga efek yang ditimbulkan cukup fatal. Jika tidak segera ditangani, akan terjadi kerusakan otak dan terganggunya sistem saraf bahkan bisa menyebabkan kematian.

#TUBERKULOSIS

Penyakit ini memang cukup sering terdengar dikalangan umum. Gejala penyakit tuberculosis biasanya penderita akan mengalami batuk secara terus menerus diikuti dengan penyusutan berat badan. Jika tidak segera diobati, biasanya akan muncul darah ketika batuk dan munculnya gangguan kesehatan lain.

#TIFUS

Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa. Penyakit ini biasanya menyerang jika kita mengonsumsi makanan yang kurang higienis, makan tidak teratur dan lain sebagainya. Gejalanya biasanya berupa tubuh terasa lemas, demam dan diare.

Itulah tadi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Mengingat banyaknya jenis penyakit yang disebabkan bakteri dengan gejala yang hampir sama, sebaiknya kita langsung memeriksanya ke dokter jika merasa merasaka gejala tertentu agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat ya guys.

Referensi:

Campbell, N.A., Reece, J.B. & Mitchell, L.G.2004. Biologi Edisi Kelima Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *