sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat diperbaharui

Posted on

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui – Sumber daya alam adalah semua kekayaan yang ada di alam yang berguna bagi kehidupan manusia. Sumberdaya alam sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Hutan, lautan, dan hasil tambang adalah contoh sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Di Indonesia cukup kaya dengan sumber daya alam dan persebarannya di darat dan di laut di kawasan Negara-negara ASEAN, maka tentu di harapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat setempat.

Sumber daya alam berdasarkan pemulihannya adalah segala sesuatu yang terdapat di alam, baik yang dapat diperhaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui di dalam dan permukaan bumi ini, yang dikelola dan dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan manusia.

SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dibudidayakan, jumlah persediaannya sangat terbatas, dan dapat habis sewaktu-waktu. Jenis-jenis sumber daya alam ini di antaranya sebagai berikut:

BAHAN GALIAN

Bahan galian, terjadi dan batuan yang mengalami panas dan tekanan yang tinggi. Bahan galian ini terdiri dan sebagai berikut.

sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

  1. Mineral Logam

Mineral ada yang mengandung logam dalam jumlah kecil dan besar. Untuk mendapatkan logam, mineral harus diolah terlebih dahulu. Mineral yang mengandung logam disebut bijih. Ada enam macam logam yang sering digunakan, yaitu sebagai benikut:

  • Besi

Besi merupakan logam yang sering digunakan oleh manusia. Besi dipisahkan dan bijihnya dengan cara dipanaskan memakal tungku yang bersuhu tinggi. Di Indonesia, pabrik pengolahan besi baja di antaranya di Cilegon-Jawa Barat (Krakatau Steel), dan Surabaya Jawa timur (Halin Steel)

  • Alumunium

Aluminium merupakan logam yang paling banyak terdapat di alam. Bijih alumunium disebut bouksit. Di Indonesia, penghasil bijih alumunium adalah Pulau Bintan. Pemisahan alumunium dan bauksitnya dilakukan di Kuala Tanjung.

  • Timah

Bijih timah yang mengendap pertama kali disebut sebagai endapan timah primer. Di Indonesia endapan tirnah primer ini terdapat di Pulau Bangka dan Belitung.

  • Emas

Emas merupakan logam mulia, tahan karat, dan tidak bereaksi dengan asam. Biasanya, bijih emas dan perak akan keluar secara bersamaan pada saat gunung meletus dan memuntahkan cairannya. Di Indonesia, salah satu tempat tambang emas yang cukup terkenal, terletak di sebelah utara pelabuhan Ratu (Jawa Barat).

  • Tembaga

Sebenamya, tembaga lebih dulu dikenal orang daripada besi. Bijih tembaga terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Tembaga banyak digunakan untuk kawat listrik dan pembuatan perunggu (campuran tembaga, timah, dan seng).

  • Nikel

Nikel sering digunakan untuk melapisi besi agar tampak mengilat dan tahan karat. Di Indonesia, tambang nikel terdapat di Soroako (Sulawesi Tengah).

  1. Mineral Bukan Logam

Jenis dan keguriaan mineral bukan logam di antaranya sebagai berikut.

  • Batu kapur, berguna sebagai bahan pembuatan semen.
  • Kaolin, berguna sebagal bahan dasar pembuatan keramik
  • Belerang, berguna untuk obat-obatan, korek api dan bahan peledak.
  • Batu intan, berguna sebagai perhiasan, mata bor, dan pemotong kaca.
  • Grafit, berguna sebagai bahan baku pensil.
  • Marmer, berguna untuk bahan bangunan.
  • Kwarsa, berguna untuk pembuatan kaca.

BAHAN TAMBANG

Bahan tambang, sebenarnya berasal dan hewan dan tumbuhan, atau makhluk hidup yang tertimbun di dalam tanah. Macam-macam bahan tambang antara lain sebagai berikut:

  1. Minyak Bumi

Minyak bumi terbentuk dan jasad renik (plankton) yang tertimbun di dalam bumi jutaan tahun yang lalu. Di dalam lapisan minyak bumi terdapat gas bumi. Gas bumi bisa menggantikan kedudukan minyak tanah. Minyak bumi dapat diolah menjadi berbagai bahan bakar, seperti bensin, bensol, kerosin, minyak tanah, solar, pelumas, dan aspal.

Namun, ada juga bahan bakar yang bukan berasal dan pengolahan minyak bumi, seperti biogas dan spiritus. Sumber minyak bumi yang ada di Indonesia diantaranya terdapat di Kalimantan Timur, Sumatera Utara dan Timur, Irian Jaya.

  1. Batubara

Batubara terbentuk dan tumbuhan yang tertimbun di dasar bumi pada ribuan tahun yang lalu, kemudian mengeras menjadi arang batu. Manfaat batubara di antaranya sebagai bahan pembuat serat nilon, karet sintesis, bahan campuran pembuatan plastik, bahan bakar lokomotif, bahan bakar PLTU (pembangkit listrik tenaga uap).

Demikian artikel mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Karena jumlahnya terbatas di alam, maka sewaktu-waktu sumber daya tersebut bisa saja habis. Nah, maka dari itu sebaiknyadalam menggunakan sumber daya tersebut kitaharus lebih bijaksana demi keberlangsungan kehidupan di masa depan. Semoga bermanfaat.