Jaringan Pada Tumbuhan

Inilah 5 Jaringan Pada Tumbuhan & Masing-Masing Fungsinya

Posted on

Ada beberapa jaringan pada tumbuhan yang sangat berperan terhadap tumbuh kembang tumbuhan. Sel-sel tersebut kemudian aktif membelah diri secara terus-menerus sehingga akan membuat tumbuhan menjadi semakin besar dan semakin besar lagi. Sel-sel tersebut semakin banyak dan membuat membuat struktur, bentuk dan fungsi yang sama, itulah sel yang menjadi sebuah jaringan. Tidak hanya tumbuhan, hewan dan manusia pun menpunyai jaringan. Nah, apa sih pengertian jaringan itu? Seperti yang telah dijelaskan diatas, jaringan adalah sel yang berkumpul sehingga mempunyai bentuk, fungsi, struktur dan asal yang sama pula. Lalu, apa sajakah jaringan pada tumbuhan dan apa sajakah fungsinya? Silakan simak ulasan kami dibawah ini.

Jaringan Pada Tumbuhan

Jaringan Pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan ada lima macam. Berikut ini penjelasannya.

1. Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim juga sering disebut dengan jaringan dasar. Jaringan parenkim mengisi ruang antar jaringan. Di semua bagian tanaman dari akar hingga daun ada jaringan ini. Mesofil (jaringan parenkim yang ada didaun) adalah jaringan yang mempunyai kandungan kloroplas yang banyak.

2. Jaringan Pengangkut

Seperti namanya, jaringan ini adalah jaringan yang berfungsi untuk mengangkut. Jaringan ini mengangkut zat-zat dalam tumbuhan seperti bahan makanan dan hasil fotosintesis. Jaringan pengangkut ada dua macam, yaitu xilem dan floem. (Lebih lengkap baca : Letak xilem dan floem beserta fungsinya).

3. Jaringan Penyokong

Jaringan penyokong adalah jaringan yang menyokong tumbuhan. Mempunyai dinding yang tebal, jaringan ini hanya akan berhenti melakukan pembelahan ketika sudah dewasa. Kolenkim dan sklerenkim adalah contoh jaringan penyokong ini.

4. Jaringan Meristem

Jaringan yang satu ini merupakan jaringan yang selnya sangat aktif untuk membelah diri. Biasanya jaringan ini ada pada ujung batang dan juga ujung akar. Jaringan ini dapat membesar, merenggang hingga dapat berdiferensiasi menjadi jaringan lain saat dewasa. Ada 3 lokasi jaringan meristem ini yaitu pada ruas (interkalar), samping (lateral) dan juga ujung (apikal).

5. Jaringan Epidermis

Jaringan pelindung adalah nama lain dari jaringan ini. Lokasi jaringan ini adalah jaringan terluar sehingga dapat berfungsi untuk melindungi permukaan tumbuhan dan menutup permukaan dengan rapat. Jaringan ini juga bisa membuat lapisan lilin yang anti air (kutikula) untuk mencegah penguapan berlebih. Itulah jaringan pada tumbuhan yang terluar.

Demikianlah ulasan kami mengenai jaringan yang ada pada tumbuhan. Semoga ulasan kami diatas mengenai jaringan pada tumbuhan dapat bermanfaat untuk anda.