penyebab dan letak kelenjar getah bening

Penyebab dan Letak Kelenjar Getah Bening

Diposting pada

Penyebab dan letak kelenjar getah bening sering ditemui dimasyarakat Indonesia. Kelenjar getah bening merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar getah bening berbentuk seperti gumpalan jaringan yang berukuran kecil atau seukuran biji kacang dan terdiri dari banyak sel darah putih. Letak kelenjar ini tersebar di seluruh tubuh manusia, namun kelenjar ini paling banyak ditemukan di leher. Kelenjar ini berperan dalam penghasil dan memfilter cairan yang biasa disebut dengan istilah getah bening (limfosit). Getah bening ini berperan penting dalam mengeluarkan sel-sel yang telah mati dan sebagai sistem pertahanan tubuh.

penyebab dan letak kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening ini termasuk dalam sistem imun yang ada ditubuh kita sehingga dapat menangkal atau membunuh bakteri, mencegah infeksi virus maupun penyakit lainnya. Pada beberapa kasus,  getah bening bisa mengalami penambahan ukuran atau seperti bengkak. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa kesehatan orang tersebut menurun dan beresiko terkena penyakit. Pembengkakan getah bening bisa terjadi karena banyak faktor selain infeksi.

PENYEBAB DAN LETAK KELENJAR GETAH BENING

Penyebab infeksi kelenjar getah bening umumnya memang disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. Gejalanya pun mirip dengan sakit pada umunya seperti demam, pilek, infeksi tenggorokan, amandel, infeksi ada gigi, telinga bahkan kulit. Pembengkakan pada kelenjar getah bening biasanya adalah sebuah respon tubuh terhadap adanya benda asing yang masuk dalam tubuh manusia. Sebenarnya untuk mengetahui secara pasti penyebab penyakit ini memang diperlukan penelitian yang lebih mendalam karena segala kemungkinan bisa saja terjadi.

PENYEBAB KELENJAR GETAH BENING

Nah, untuk penyebab secara umum dari penyakit kelenjar getah bening ini ada 5 macam, antara lain:

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan adalah salah satu faktor yang sulit dihindari oleh pengidap infeksi kelenjar getah bening. Meskipun tidak selalu diturunkan, seseorang yang memiliki riwayat keluarga pengidap kelenjar getah bening memiliki resiko yang cukup besar dibandingkan dengan orang yang keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit ini dan tentunya terdapat faktor lain yang dapat memacu munculnya infeksi tersebut.

  1. Sistem kekebalan tubuh

Karena merupakan sistem imun pada manusia, tentunya penyakit ini bisa terjadi karena ada yang salah pada tubuh sehingga sistem kekebalan terganggu bahkan melemah dan berbagai penyakit akan dengan mudah menginfeksi.

  1. Kanker darah

Kanker darah merupakan penyakit dimana produksi sel darah putih menjadi tidak terkendali. Seperti yang kita tahu bahwa sel darah putih adalah sel darah yang berperan dalam sistem imun. Jika produksi sel darah putih terjadi secara terus menerus, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh dan kesehatan bisa terganggu. Salah satu akibatnya adalah terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Jika tidak segera ditangani atau diobati, tentu akan merambat ke berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca juga : Pengertian siklus nitrogen dan contohnya

  1. Kurang olahraga

Kurang olahraga mungkin menjadi penyebab penyakit yang paling banyak dialami oleh beberapa orang. Kurangnya olahraga meman merupakan sumber dari beberapa penyakit, salah satunya kelenjar getah bening. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengurangi stress, menurunkan berbagai resiko penyakit dan meningkatkan kebugaran.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya

Konsumsi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya juga bisa mengakibatkan infeksi kelenjar getah bening. Seperti yang kita tahu bahwa zat kimia merupakan senyawa yang bersifat racun jika masuk ke dalam tubuh kita. Dalam jumlah sedikit mungkin efeknya tidak akan terlihat secara kasat mata. Namun dalam jangka panjang, zat kimia tersebut akan terakumulasi dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan karena akumulasi zat kimia bersifat racun bahkan karsinogenik atau menyebabkan kanker. Karena merupakan benda asing yang tidak seharusnya berada ditubuh, zat kimia berbahaya tersebut bisa saja menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh dan infeksi pada kelenjar getah bening.

Baca juga : Definisi gulma dan macamnya

  1. Komplikasi

Penyebab terakhir adalah komplikasi. Penyakit getah bening bisa jadi disebabkan karena adanya banyak penyakit pada tubuh seseorang sehingga sistem kekebalan tidak bisa bekerja dengan normal. Hal ini bisa memacu munculnya penyakit lain salah satunya adalah kelenjar getah bening.

Itulah tadi artikel mengenai penyebab dan letak kelenjar getah bening. Dengan mengetahui penyebab dan letak kelenjar getah bening diatas, diharapkan kamu bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati ya guys, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *