penyakit yang diakibatkan oleh virus

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Diposting pada

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah virus, namun apakah kamu tahu macam-macam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang paling sering di derita manusia ? Jika mendengar kata virus tentu kita sudah terbayangkan penyakit, hal yang merugikan, bahkan kematian. Virus bukan termasuk makhluk hidup yang memiliki tempat di sistem klasifikasi. Virus dikategorikan sebagai benda mati karena tidak memiliki karakteristik makhluk hidup pada umumnya. Virus biasanya berperan sebagai parasite obligat dan harus memiliki inang jika ingin bereplikasi. Jika sudah menetap di inang, virus baru bisa melakukan perbanyakan atau multiplikasi layaknya organisme lain.

Bentuk virus bermacam-macam, ada yang berbentuk batang, bola peluru, bahkan seperti huruf T. Bentuk virus ini dipengaruhi oleh kapsid yang melindungi materi genetiknya. Kapsid sendiri terbentuk dari beberapa subunit protein atau biasa disebut dengan kapsomer. Kapsid inilah yang berperan dalam proses penginfeksian virus terhadap organisme lain.

Ada banyak virus yang ditemukan hingga saat ini dan sebagian besar menyebabkan penyakit yang cukup serius. Penyakit yang disebabkan oleh virus memiliki penanganan yang berbeda dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Pada dasarnya, penyakit yang disebabkan oleh virus tidak bisa disembuhkan. Jalan keluarnya kita harus menunggu semua siklus virus tersebut selesai. Obat yang diberikan biasanya hanya untuk meringankan gejala yang disebabkan oleh virus. Seiring berjalannya waktu, para peneliti terus melakukan upaya untuk menemukan obat penyembuh penyakit yang diakibatkan oleh virus berupa vaksin. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus.

PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS

#FLU

Flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang paling umum diderita oleh banyak kalangan. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa bersin-bersin, munculnya lendir pada hidung, pening, pusing bahkan demam. Meskipun obat flu hanya berfungsi untuk meringankan efek yang ditimbulkan, paling tidak obat tersebut membuat kita menjadi lebih baik dan tidak terlalu merasalan efek infeksi virus flu tersebut.

#CACAR AIR

Cacar air adalah penyakit selanjutnya yang disebabkan oleh virus. Karena disebabkan oleh virus, penyakit ini sangat mudah menular jika terjadi kontak fisik. Waktu penyembuhannya pun biasanya memakan waktu beberapa minggu hingga siklus virus selesai. Selain menyebabkan bintik bintik, cacar air juga biasanya disertai gejala demam dan badan terasa lemas.

#DEMAM BERDARAH

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegipty. Nyamuk disini berperan sebagai vektor yang menularkan virus demam berdarah kepada manusia yang digigit. Gejala awal dari penyakit demam berdarah biasanya berupa demam yang berkepanjangan dan diikuti menurunnya jumlah trombosit.

Baca juga : Perumbuhan dan Perkembangan Manusia

#CIKUNGUNYA

Cikungunya juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang berperan sebagai vektor dari virus cikungunya. Jenis nyamuk yang bisa membawa virus cikungunnya juga sama dengan nyamuk pembawa demam berdarah. Gejala penyakit ini antara lain demam mendadak, adanya nyeri dibagian sendi terutama pada lutut dan munculnya ruam pada permukaan kulit.

#MALARIA

Malaria juga penyakit yang penyebarannya disebabkan oleh nyamuk pembawa virus malaria. Nyamuk yang menyebarkan penyakit malaria adalah Anopheles. Jika sudah tergigit nyamuk ini, maka akan ada plasmodium yang tersebar melalui peredaran darah dan membuat virus malaria mulai menginfeksi inangnya.

#RABIES

penyakit yang diakibatkan oleh virus

Rabies yang biasanya menyerang hewan seperti anjing, kucing, atau kera juga bisa menyerang manusia. Virus ini biasanya akan menular jika manusia terkena kontak langsung oleh hewan yang terinfeksi (biasanya menginfeksi karena manusia digigit hewan yang terinfeksi)

#HIV/ AIDS

Virus yang satu ini dinilai paling berbahaya dibandungkan dengan yang sudah disebutkan diatas. Itu karena virus HIV dapat menimbulkan komplikasi organ lain dan bisa menyebabkan kematian. Seseorang yang telah terinfeksi virus ini akan mengalami penurunan sistem imun tubuh. Jika sistem imun melemah, maka penyakit lain akan dengan mudah menyerang dan bisa terjadi komplikasi. Maka dari itu penderita HIV biasanya dirawat di ruang yang benar-benar terisolasi dan steril agar tidak terkena virus lain dari luar.

jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus

Hingga saat ini, penderita HIV sering berakhir pada kematian karena belum adanya sistem pengobatan yang tepat. Namun seiring berjalannya waktu, penelitian mengenai obat yang bisa menyembuhkan HIV terus dilakukan. Dengan begitu, semua penderita HIV dapat sembuh dan memulai kehidupan yang normal kembali.

Itulah tadi penyakit yang diakibatkan oleh virus. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatanmu ya guys, karena penyakit dapat menyerang kapan dan dimana saja. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasnmu dan bermanfaat bagi orang sekitar.

Referensi

Aryulina, D., Muslim, C., Manaf, S. & Winarni, E.W., 2006. Biologi. Jakarta: Erlangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *