Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Diposting pada

Seperti pengerti ilmu lain pada umumnya, pengertian hak asasi manusia menurut para ahli pun tidaklah sama persis setiap para ahli mempunyai definisi yang berbeda.  Mereka mendefinisikan hak asasi dari bbragai sudut, definisi, jenis, sifat, dan sebagainya.  Namun, garis besarnya sama, bahwa hak asasi manusia ada sejak manusia lahir dan tidak boleh dilanggar.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian hak asasi manusia tersebut, maka di bawah ini diuraikan secara singkat beberapa pengertian menurut para ahli.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli di Dunia

Inilah 10 pengertian hak asasi manusia menurut para ahli dan tokoh di dunia.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut John Locke

John Locke mendefinisikan hak asasi manusia sebagai hak yang diberikan langsung oleh Tuhan ketika lahir.  Hak ini dimiliki oleh semua manusia dan kodrati, tidak dapat dihilangkan.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Austin-Ranney

Austin dan Ranney Adalah dua tokoh dunia yang bekerjasama dalam sosiologi dan kebudayaan.  Menurut mereka, hak asasi manusia adalah kebebasan individu yang dimiliki setiap orang.  Kebebasan ini harus diatur oleh konstitusi atau undang-undang di mana manusia tersebut tinggal dan dijamin oleh pemerintahannya.  Mengapa demikian?  Agar kebebasan individu ini  dibatasi, jangan sampai pelaksanaannya melanggar hak individu orang lain.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut J.M Milne

A.J.M Milne menggarisbawahi hak asasi manusia mirip dengan ketiga ahli yang disebutkan dengan bahasa yang berbeda.  Menurut Milne hak asasi manusia merupakan hal yang dimiliki semua umat manusia tanpa memandang masa atau waktu dan tempat.  Jadi, dari zaman dulu hingga saat ini, hak asasi manusia sama.  Sama pula hak asasi manusia yang tinggal di suatu neara dengan negara lain.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Jan Materson

Jan Materson saat ini menjadi bagian dari Komisi Hak Asasi Manusia di PBB.  Jan MAterson, sesuai bidang pekerjaannya menyebutkan bahwa hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki oleh semua manusia.  Tanpa hak asasi manusia yang dijamin dan dihargai mustahil bahwa manusia tesebut dapat hidup dengan layak.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Jack Donney

Jack Donney menguraikan hak asasi manusia secara lebih tegas.  Menurut Donney, hak asasi manusia berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.  Hak ini murni berasal dari pencipta manusia, bukan hak yang tumbuh dari kondisi masyarakat tertentu atau hak yang dibuat dari salah satu hukum positif masyarakat.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut David Beetham dan Kevin Boyle

David Beetham dan Kevin Boyle menjelaskan pengertian hak asasi manusia secara bersamaan.  Menurut mereka hak asasi manusia artinya hak atau sesuatu yang wajar diterima manusia sebagai kebebasan fundamental atau kebebasan fundamental.  Hak tersebut merupakan hak individual yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan serta kapasitas manusia.  Karena kebutuhan dasar manusia hampir sama satu sama lain, maka hak ini juga sama antar manusia.

Pengertian Hak Asasi Manusia Mneurut C.de Rover

C.de Rover menjelaskan hak asasi manusia secara jelas dan lengkap. Hak asasi amnesia menurtu Rover, yaitu:

  1. Hak yang dimiliki oleh setiap orang
  2. Hak yang bersifat universal, semua orang di dunia memilikinya dan berlaku di waktu dan tempat mana pun.
  3. Hak yang tidak bisa dilanggar dan tidak dapat dihapuskan karena murni berasal dari Tuhan
  4. Hak manusia yang seharusnya diatur dalam konstitusi negara
  5. Hak asasi manusia diawa sejak lahir
  6. Hak yang merupakan anugerah Tuhan karena semua diberi hak sama
  7. Hak yang bersifat abadi selama manusia tersebut hidup

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Peter R Bachr

Hak asasi manusia adalah hak yang mutlak dimiliki oleh manusia sejak lahir.  Hak ini mutlak dijamin pelaksanaannya untuk perkembangan diri manusia itu sendiri.

Pengertian Hak Asasi AMnusia Menurut Karel Vasak

Dalam berbagai kesempatan, sebenarnya Karel Vasak tidak menyebutkan definisi hak asasi manusia secara utuh.  Vasak hanya menyebutkan bahwa hak ini lahir dari 3 generasi sejak timbulnya revolusi industri di Perancis.  Menurut Vasak juga seharusnya hak asasi amanusia menjadi prioritas utama setiap negara.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Shaw

Shaw juga mempunyai pengertian yang sedikit berbeda, sama dengan Vasak tentang hak asasi manusia ini.  Hak ini merupakan bahasa moral manusia.  Namun, apa saja yang termasuk di dalam hak asasi manusia masih merupakan sesuatu yang kontroversi.  Belum ada kesepakatan mutlak antar setiap negara tentang hal tersebut.  Perbedaan terjadi karena bahasa moral tiap tempat dan waktu berbeda.

Baca juga artikel menarik lain :

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Ahli Indonesia

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Tidak banyak ahli dan tokoh pemerhati masyarakat di Indonesia atau sosiolog.  Namun, di bawah ini disebutkan 5 pengertian hak asasi manusia menurut ahli di Indonesia.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Miriam Budiarjo

Miriam Budiarjo adalah tokoh sosiolog yang dapat disebut paling berpengaruh di Indonesia.  Menurut beliau, hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki setiap manusia sejak lahir.  Hak ini bersifat universal atau menyeluruh, tidak mengenal ruang dan waktu.  Artinya bahwa hak asasi manusia tidak bergantung atau tidak ditentukan oleh ras, budaya, suku, dan agama yang dimiliki manusia tersebut.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Proefesor Koentjoro Poerbopranoto

Menurut Profesor Koentjoro, hak asasi manusia adalah hak mendasar yang ada sejak manusia lahir tanpa perlu diminta.  Hak ini bersifat kodrati dan suci.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menuurt Oemar Senoadji

Melengkapi dua tokoh sebelumnya, Oemar Senoadji mendefinisikan hak asasi manusia sebagai hak yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga siapa pun tidak boleh melanggarnya.  Melanggar hak asasi berarti melanggar aturan Tuhan.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Mutadi

Mutadi menyebutkan bahwa hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia, tidak dapat dihilangkan dan dipisahkan.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Mahfud M.D

Mahfud M.D adalah tokoh masa kini di Indonesia.  Beliau mendefiniskan hak asasi manusia sama dengan Mutadi, bahwa hak itu melekat pada diri manusia dan bersifat kodrati, berasal dari Tuhan.

Demikian posting artikel pengetahuan sosial kali ini.  Diharapkan artikel tentang pengertian hak asasi manusia menurut para ahli ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *