Rumus Luas Trapesium
Sumber : belajarmatematikaonline.com

Rumus Luas Trapesium, Keliling & Jenisnya

Posted on

Kali ini kami akan mengulas mengenai rumus luas trapesium beserta kelilingnya. Trapesium adalah sebuah bangun datar yang terdiri dari empat buah rusuk atau sisi. Dua buah sisi adalah sejajar namun mempunyai panjang yang tidak sama. Kemudian dua sisi lainnya adalah sisi yang miring pada salah satu atau keduanya. Ada beberapa jenis trapesium, berikut ulasannya :

Jenis-Jenis Trapesium

Ada tiga buah jenis trapesium yang ada. Beberapa diantaranya adalah trapesium sembarang, trapesium siku-siku serta trapesium sama kaki. Trapesiun sembarang adalah trapesium yang tidak memiliki kekhususan, trapesium siku-siku adalah trapesium yang pada salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku dan trapesium sama kaki adalah trapesium yang mempunyai dua buah sisi yang panjangnya hampir sama. Setelah mengetahui beberapa jenis trapesium maka saatnya untuk membahas rumus luas trapesium dibawah ini.

Rumus Luas Trapesium

Rumus luas trapesium adalah hasil penjumlahan dua buah sisi sejajar kemudian di bagi dua, setelah itu dikalikan tinggi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini.

Rumus Luas Trapesium
Sumber : belajarmatematikaonline.com

Luas = ½ (a + b) x t

Cukup mudah bukan cara menghitung dengan menggunakan rumus luas trapesium diatas? Anda dapat menggunakan rumus diatas untuk menghitung luas berbagai jenis trapesium, dari jenis trapesium sembarang, trapesium siku-siku hingga trapesium samakaki. Setelah menghitung luas maka berikut ini rumus keliling trapesiumnya.

Baca Juga : 4 Komposisi Penyusun Tanah & Fungsinya

Rumus Keliling Trapesium

Rumus keliling trapesium merupakan rumus yang lebih mudah daripada rumus luas trapesium. Cara mengetahui kelilingnya hanyalah menjumlahkan semua sisinya. Setelah dijumlahkan semua sisinya maka diketahuilah kelilingnya. Cukup mudah bukan?

Keliling = sisi a + sisi b + sisi c + sisi d

Demikianlah ulasan kami mengenai rumus luas trapesium dan rumus keliling trapesium yang kami sajikan untuk anda. Kedua rumus tersebut dapat anda aplikasikan atau anda terapkan untuk semua jenis trapesium. Semoga ulasan kami diatas bermanfaat untuk anda. Selain ulasan rumus luas trapesium, keliling dan jenisnya maka simak juga ulasan kami lainnya seperti pada bentuk dan jenis-jenis segitiga.