rumus volume tabung

Rumus Volume Tabung & Contoh Soalnya

Posted on

Pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai materi rumus volume tabung. Tabung merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki volume. Ini berbeda dengan bangun datar seperti persegi panjang, segitiga, trapesium dan juga lingkaran. Bangun datar tidak memiliki volume sedangkan bangun ruang mempunyai volume. Tabung sebenarnya mempunyai beberapa bagian, salah satunya adalah lingkaran pada bagian alas ataupun atasnya. Rumus volume tabung sebenarnya adalah rumus luas lingkaran pada bagian alas (atau atasnya) dan kemudian dikalikan dengan tinggi tabung. Rumus luas pada lingkaran pun sudah pernah kita bahas sebelumnya (baca : Rumus Luas Lingkaran & Kelilingnya). Yuk kita bahas rumus volume tabung melalui ulasan dibawah ini.

Rumus Volume Tabung

Rumus volume tabung merupakan rumus yang sederhana. Rumus tersebut merupakan rumus lanjutan dari rumus luas lingkaran. Berikut rumusnya :

rumus volume tabung

Volume = luas alas x t

Atau dapat kita jabarkan menjadi :

Volume = phi x r x r x t

Keterangan :
phi = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari alas
t = tinggi tabung

Cukup sederhana bukan rumus diatas? Anda pun dapat mengingat rumus diatas dengan mudah. Cara mengingatnya cukup mudah, yaitu luas lingkaran dikalikan tinggi tabung. Sederhana sekali bukan rumus diatas? Contoh soal biasanya bisa memperjelas penggunaan rumus. Kalau begitu mari kita gunakan rumus diatas kedalam contoh soal dibawah ini.

Contoh Soal

Diketahui sebuah tabung mempunyai jari-jari alas 10 cm dan mempunyai tinggi dengan panjang 21 cm. Maka berapakah volume tabung tersebut?

Jawab :

Masukkan semua parameter nilai tinggi dan jari-jari alas diatas kedalam rumus.
Volume = (22/7) x 10 x 10 x 21
Volume = 6600 cm
Jadi volume tabung tersebut adalah 6600 cm.

Mudah sekali bukan? Contoh soal diatas merupakan contoh yang sederhana untuk memperoleh volume tabung. Semoga contoh diatas dapat memperjelas penggunaan rumus diatas.

Demikianlah ulasan kami mengenai rumus untuk tabung. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda, terutama bagi adik-adik yang sedang belajar matematika bangun ruang. Selain ulasan rumus volume tabung diatas maka lihat juga ulasan kami lainnya seperti pada artikel Rumus Jajar Genjang.