Inilah 4 Komposisi Penyusun Tanah dan Fungsinya 5/5 (2)

Ada beberapa bahan atau komposisi penyusun tanah, komposisi tersebut seperti air, mineral, udara dan bahan organik. Masing-masing bahan komposisi tersebut memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Tanah adalah salah satu hasil pelapukan batuan. Sifat serta jenis tanah yang ada di muka bumi ini pun mempunyai berbagai perbedaan, itu semua bergantung pada batuan yang telah mengalami pelapukan. Komposisi atau komponen tanah pun juga dapat mempengaruhi kesuburan tanah.

Komposisi Penyusun Tanah Dan Fungsinya

Komposisi Penyusun Tanah

1. Udara

Komposisi penyusun tanah yang pertama adalah udara dengan prosentase sekitar 25%. Dengan kompisisi udara, ini memungkinkan adanya kehidupan di dalam tanah. Sebagai contoh hewan seperti semut, cacing dan lain sebagainya. Komposisi udara ini bisa berubah-ubah.

2. Air

Komposisi tanah selanjutnya adalah air dengan prosentasi sekitar 25%. Hampir sama dengan tanah. Komposisi ini bersifat dinamis atau dapat berubah-ubah. Bagian tanah yang ditempati kompiosisi air adalah rongga atau pori-pori. Komposisi air dalam tanah adalah berbanding terbalik dengan komposisi udara dalam tanah. Jika komposisi air banyak, maka komposisi udara berkurang. Juga sebaliiknya jika komposisi air berkurang, maka komposisi udara juga bertambah. Komponen ini sangat penting untuk kehidupan, seperti untuk hewan dalam tanah dan juga tanaman yang mengangkut air dari tanah ( Baca : xilem dan floem).

3. Mineral

Ini adalah komponen utama dalam komposisi penyusun tanah. Presentasi jumlah mineral adalah sekitar 45%, paling banyak diantara komponen lainnya. Komponen ini mempengaruhi kesuburan tanah. Tanah yang memiliki kandungan mineral yang cukup maka akan menunjang pertumbuhan pohon yang ditanam di tanah tersebut. Pembentukan mineral ini memerlukan proses yang lama.

4. Bahan Organik

Komposisi penyusun tanah yang ini merupakan komposisi yang prosentasenya paling sedikit, yaitu hanya sekitar 5% saja. Bahan ini adalah hasil dari dekomposisi dari hewan dan tumbuhan yang telah mati. Meskipun komposisinya begitu kecil namun bisa berfungsi mempengaruhi sifat-sifat tanah. Beberapa sumber bahan organik antara lain dari :

Sumber Primer

Berasal dari tumbuhan yang telah layu dan kemudian mati. Tumbuhan mati tersebut kemudian terurai ditanah menjadi senyawa organik

Sumber Sekunder

Kalau sumber primer berasal dari tumbuhan, lain halnya sumber sekunder. Sumber sekunder berasal dari hewan yang telah mati beserta kotorannya di tanah atau terkubur ditanah dan kemudian terurai.

Sumber Tersier

Sumber tersier adalah sumber yang di dapat dari pupuk. Seperti pupuk yang biasa digunakan seperti kompos.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai tanah. Semoga ulasan kami mengenai komposisi penyusun tanah diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • komposisi tanah dan fungsinya

Please rate this


Komentar Untuk Inilah 4 Komposisi Penyusun Tanah dan Fungsinya :

Comments are closed.