Rumus jajar Genjang - Keliling

Rumus Jajar Genjang Beserta Contoh Soal

Posted on

Disini kami akan mengulas mengenai rumus jajar genjang. Jajar genjang adalah salah satu bangun datar yang mempunyai empat sisi. Di bangun ini ada dua buah pasang sisi yang sejajar. Seperti trapesium, segitiga dan juga persegi panjang yang mempunyai rumus luas, maka jajar genjang juga mempunyai rumus luas yang sederhana. Selain luas, rumus keliling jajar genjang pun juga sederhana. Malah, rumus kelilingnya hampir sama dengan rumus keliling persegi panjang dan trapesium. Jajar genjang adalah bangun yang mempunyai bentuk mirip ketupat, ada dua sisi yang miring membuat bangun jajar genjang terlihat miring. Nah bagaimanakah rumus jajar genjang? Mari kita bahas melalui ulasan dibawah ini.

Rumus Jajar Genjang

Luas

Rumus jajar genjang memang sederhana. Untuk mendapatkan luasnya, anda hanya membutuhkan parameter panjang alas dikalikan dengan tinggi. Berikut ini adalah rumusnya :

Rumus jajar Genjang - Luas

Luas = a x t

a = panjang alas

t = tinggi

Cukup sederhana bukan rumus diatas? Anda dapat menggunakan rumus diatas untuk mengetahui luas sebuah bangun jajar genjang. Mari kita mencoba rumus diatas menggunakan contoh soal sebagai berikut.

Contoh soal

Diketahui sebuah jajar genjang mempunyai tinggi 6 cm dan juga luas alas 10 cm. Maka berapakah luas sebuah bangun jajar genjang tersebut?

Jawab :

Untuk menjawab pertanyaan diatas maka kita membutuhkan rumus luas jajar genjang. Masukkan angkanya ke rumus seperti berikut ini.

Luas = 6 cm x 10 cm

Luas = 60 cm

Itulah rumus jajar genjang beserta contoh soalnya. Selain itu mari kita bahas rumus keliling jajar genjang.

Keliling

Rumus jajar genjang berikutnya adalah rumus kelilng. Rumus keliling jajar genjang sebenarnya tidak lebih sederhana daripada rumus luas jajar genjang diatas. Namun untuk mengetahui kelilingnya maka anda harus mengetahui panjang semua sisinya, seperti pada berikut ini.

Rumus jajar Genjang - Keliling

Keliling = (sisi a + sisi b) x 2

Rumus keliling jajar genjang memang sederhana bukan? Selajutnya mari kita bahas contoh soal dibawah ini.

Contoh Soal

Diketahui sebuah jajar genjang mempunyai sisi alas dengan panjang 8 cm kemudian sisi miring dengan panjang 10 cm. Maka berapakah kelilingnya?

Jawab :

Karena sisi alas dan sisi atas mempunyai panjang yang sama dan kedua sisi miring juga mempunyai panjang yang sama maka kita masukkan kedalam rumus :

Keliling = 10 + 8 + 10 + 8

Keliling = 36 cm

Mudah sekali bukan? Kita dapat dengan mudah mengingat rumus diatas. Semoga pembahasan kami mengenai rumus jajar genjang yang meliputi rumus luas serta rumus keliling di halaman ini dapat bermanfaat untuk kita semua terutama untuk pelajar yang sedang belajar matematika.