Letak Xilem dan Floem Pada Daun 5/5 (2)

Dimanakah letak xilem dan floem pada daun? Apa sajakah fungsi kedua jaringan pengangkut tersebut pada tumbuhan? Jika anda belum mengetahuinya, maka disini kami akan mengulasnya untuk anda. Kami sudah mengulas xilem dan floem secara garis besarnya (Baca : Letak Serta Fungsi Xilem dan Floem Pada Tumbuhan), maka disini kami kami mengkhususkan hanya mengulas letak xilem yang ada pada daun saja. Sebagai informasi, jaringan pengangkut ini ada pada batang, akar dan daun. Silakan baca ulasan berikut ini.

Letak Xilem dan Floem Pada Daun

Xilem dan floem memang saling bekerja sama antara satu dan lainnya. Letak xilem dan floem pada daun ini berada pada tulang daun, juga pada penampangnya. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar yang kami sajikan dibawah ini. Ini dia.

Letak Xilem dan Floem Pada Daun

Gambar di atas memperlihatkan letak xilem dan floem pada daun. Jaringan pengangkut tersebut berada pada tulang daun. Selain gambar diatas maka lihat juga gambar kami berikutnya di bawah ini.

Letak Xilem dan Floem Pada Daun - Penampang

Semoga gambar di atas dapat menunjukkan kepada anda dimana letak xilem dan floem pada tumbuhan. Kedua jaringan pengangkut tersebut sangat penting bagi tumbuhan untuk mengedarkan air, mineral dan makanan untuk tumbuhan. Setelah mengetahui letaknya, apa saja sih fungsi kedua jaringan tersebut? Dan apa saja pembagian tugas dari kedua jaringan tersebut. Mari kita simak ulasan mengenai fungsi xilem dan floem di bawah ini.

Fungsi

Sesuai namanya yaitu jaringan pengangkut, xilem dan floem berfungsi sebagai jalur pengangkutan nutrisi yang diserap akar dan juga hasil fotosintesis. Pembagiannya tugasnya adalah sebagai berikut, xilem berfungsi untuk mengangkut air, mineral serta zat hara dari penyerapan akar hingga ke daun. Sedangkan floem mempunyai tugas dalam menyalurkan hasil fotosintesis yang dilakukan oleh daun ke seluruh bagian pohon.

Intinya adalah xilem mengangkut dari akar ke daun dan kemudian floem mengangkut dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Sederhana sekali bukan tugas mereka? Xilem mengangkut ‘bahan mentah’ untuk kemudian di proses fotosintesis, kemudian floem mengangkut hasil proses tersebut ke seluruh bagian tumbuhan.

Demikianlah ulasan kami mengenati jaringan pengangkut yang dimiliki oleh tumbuhan. Semoga ulasan kami mengenai letak xilem dan floem pada daun dapat bermanfaat untuk anda.

Please rate this


Komentar Untuk Letak Xilem dan Floem Pada Daun :

Comments are closed.