Rumus keliling & Rumus Luas Lingkaran Dengan Diameter
Diameter

Rumus keliling & Rumus Luas Lingkaran Dengan Diameter

Posted on

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa hal tentang lingkaran seperti rumus keliling dan rumus luas lingkaran dengan diameter. Lingkaran memang spesial, tidak seperti segitiga, persegi atau trapesium. Jika bangun datar lain mempunyai beberapa sudut maka lingkaran tidaklah mempunyai sudut. Yang dipunyai oleh lingkaran adalah sisi melingkar yang hanya satu-satunya dan juga diameter. Lingkaran memang mempunyai beberapa hal yang spesial, itulah mengapa tutup teko dan toples banyak dibuat dengan bundar atau lingkaran. Sebab, jika dibuat kotak atau segitiga maka tutup teko atau toples bisa masuk kedalam toples sedangkan tutup yang dibuat dengan lingkaran tidak akan masuk kedalam wadah. Unik bukan?

Rumus luas lingkaran dengan diameter tidaklah sulit, begitu juga dengan rumus keliling lingkaran. Mari langsung saja kita ulas rumusnya pada ulasan dibawah ini.

Rumus Luas Lingkaran Dengan Diameter

Rumus luas lingkaran dengan diameter hanya memerlukan beberapa parameter seperti phi yang sudah diketahui yaitu 3,14 dan juga diameter itu sendiri. Langsung saja silakan lihat rumusnya dibawah ini :

Rumus keliling & Rumus Luas Lingkaran Dengan Diameter
Diameter

Rumus utama luas lingkaran adalah :

Luas = πr2

Sebelum menggunakan rumus diatas maka cari dahulu jari-jari (r) lingkarannya dengan cara :

r = diameter/2

Mudah bukan rumus luas lingkaran dengan diameter diatas? Kalau sudah jelas mengenai rumus luas lingkaran maka sekarang kita akan membahas mengenai rumus keliling lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus keliling lingkaran juga sama sederhananya dengan rumus luas lingkaran dengan diamater diatas. Untuk menghitung keliling maka anda bisa menggunakan rumus keliling dibawah ini :

Keliling = 2πr

Jika menggunakan diameter, kama hitung jari-jarinya terlebih dahulu dengan cara :

r = diameter/2

Mudah sekali ya! Jika kita sudah mengetahui rumus keliling lingkaran dan juga rumus luas lingkaran dengan diameter, maka kini saatnya berlatih.

Contoh Soal

Jika ada sebuah lingkaran yang mempunyai diameter 20 cm, maka hitunglah luas dan keliling lingkaran.

Jawab :

Cari jari-jarinya dahulu :

r = 20/2 = 10 cm.

luas = 3.14 x 10

luas = 3.14 x 100 = 314 cm

Itulah beberapa ulasan kami mengenai rumus untuk lingkaran. Semoga ulasan kami diatas dapat bermanfaat untuk anda. Yuk jangan malas belajar dan berlatih. Selain ulasan rumus luas lingkaran diatas maka simak juga ulasan kami lainnya seperti pada artikel Bentuk & Jenis-Jenis Segitiga.