Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian geografi atau ilmu bumi secara umum adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi, proses terjadinya, dan seluruh alam semesta yang berhubungan dengan bumi.  Ilmu ini telah ditemukan dan didefinisikan sejak ratusan tahun lalu.  Sebuah ilmu yang telah lama dan kini berkembang menjadi semakin lengkap.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui perkembangan ilmu permukaan bumi, di bawah ini pengertian geografi menurut para ahli lengkap dari masa ke masa.

Pengertian Geografi Menurut Erastothenes

Erastothenes hidup sekitar abad pertama Masehi.  Dengan sederhana Erastothenes mengatakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari penulisan atau penggambaran bentuk permukaan bumi.  Dari definisi ini, orang kemudian mempelajari permukaan bumi yang tidak rata, tinggi rendah, lautan dan daratan.

Pengertian Geografi Menurut Claudius Ptolomeus

Caludius Ptolomeus hidup beberapa abad setelah Erastothenes.  Dilihat dari namanya, Claudius berasal dari Yunani, sama dengan Erastothenes.  Claudius mendefinisikan geografi Erasthotenes dengan menyajikannya dalam bentuk peta, penggambaran bentuk permukaan bumi dalam bidang datar.

Pengertian Geografi Menurut Immanuel Kant (1724-1821)

Ilmu pengetahuan berkembang dan mencapai puncaknya di abad 18 hingga kini.  Abad ini banyak melahirkan ilmuwan besar, termasuk geografi.  Immanuel Kant seorang ahli geografi yang juga filsuf dalam bukunya Physische Geographic, menyebutkan pengertian geografi sebagai ilmu yang mempelajari objek di alam berupa benda-benda dan gejala-gejala dari benda tersebut di permukaan bumi.

Pengertian Geografi Mneurut Alexander von Humboldt (1769-1859)

Alexander von Humboldt dikenal sebagai peletak dasar geografi modern karena mendefiisikan geografi dengan lengkap.  Alexander banyak menambahkan hasil penelitian baru geografi.  Menurut Alexander, geografi adalah ilmu yang mempelajari:

  • Permukaan bumi dan batuan yang berada di atasnya
  • Bumi dan matahari
  • Bumi dan ruang angkasa
  • Cuaca dan iklim yang terjadi di seluruh permukaan bumi
  • Tipe-tipe permukaan bumi
  • Proses segala sesuatu yang terjadi di permukaan bumi
  • Hidrosfer dan biosfer

Pengertian Geografi Menurut Frederich Ratzel (1844-1904)

Teori geografi menurut Frederich disebut lebensraumLebensraum adalah ilmu yang mempelajari permukaan bumi sebagai sarana organisme untuk berkembang.  Lebensraum ini yang kemudian dikembangkan oleh negara-negara di dunia sesuai kekuatannya masing-masing.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Paul Vidal de La Blache (1645-1918)

Pengertian geografi menurut Paul Vidal adalah proses produksi yang dilakukan oleh manusia sebagai penghuni permukaan bumi dengan memanfaatkan alam yang berhubungan dengannya.

Pengertian Geografi Menurut Karl Rither (1859)

Karl Rither menggarisbawahi geografi sebagai ilmu yang mempelajari tentang bumi sebagai tempat hidup manusia, makhluk organik dan anorganik, serta aktivitas manusia di dalamnya.

Pengertian Geografi Menurut Lobeeck (1939)

Geografi menurut Lobeck adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.  Kehidupan yang dimaksud tentu saja manusia.  Berarti ilmu ini mempelajari hubungan manusia dengan lingkungan fisiknya.

Pengertian Geografi Menurut Frank Dabenham (1950)

Frank Dabenham memberikan penjelasan tentang geografi menjadi beberapa bagian.  Menurut Frank, gegografi menafsirkan persebaran fakta di permukaan bumi, hubungan antar manusia dengan lingkungan fisik, dan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Pengertian Geografi Menurut Ullman (1954)

Ullman menjelaskan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antar ruang di dalam kehidupan.

Pengertian geografi Menurut UNESCO (1956)

UNESCO merupakan salah satu badan atau organisasi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Di sini berbagai ahli dari seluruh penjuru negara berkumpul.  Tahun 1956, para ahli di UNESCO membuat suatu kesimpulan pengertian geografi menjadi beberapa poin, yaitu:

  • Geografi adalah kajian penghubung antar ruang
  • Geografi bagian dari ilmu sains atau ilmu pasti dalam penggunaan tanah
  • Geografi adalah agen sintetis yang dapat dibuat

Pengertian Geografi Menurut Strabo (1974)

Geografi menurut Strabo disebut Natural Atribut of Place, yaitu kajian tentang hubungan antar ruang yang ditentukan oleh faktor lokasi dan karakter.

Pengertian Geografi Menurut Paul Claval (1976)

Pengertian geografi menurut Paul Claval sedikit menyempit, menjadi ilmu tentang gejala-gejala pada segi keruangan kehidupan.

Baca juga artikel menarik di bawah ini :

Pengertian Geografi Menurut E. Finch dan Glen Trewartha (1980)

Finch dan Glen menjelaskan permukaan bumi yang selalu berubah, dinamis atau tidak tetap sebagai sesuatu yang dikaji oleh geografi.

Pengertian Geografi Menurut Profesor Bintarto (1981)

Indonesia juga mempunyai ahli geografi kenamaan.  Profesor Bintarto salah satunya,  menjelaskan geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan kausal atau sebab akibat antara gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Depdikbud (1989)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang sekarang disebut Departemen Pendidikan Nasional, para ahlinya mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang mempelajari permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, dan fauna serta hasil yang diperoleh dari semua hubungan tersebut.

Pengertian Geografi Menurut Setiono, Herioso (1996)

Setiyono menjabarkan geografi sebagai ilmu hubungan timbangan balik antar manusia dengan lingkungan, hubungan antar manusia dengan pola penyebaran horizontal, dan hubungan dengan permukaan bumi.

Pengertian Menurut Bisri Mustofa (2007)

Bisri Mustofa menjelaskan geografi sebagai pelajaran tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, dan fauna yang ada di dalam dan permukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Haris (2012)

Seorang ilmuwan geografi indonesia lain, Haris menerangkan geografi sebagai sebuah konsep spesial tentang permukaan bumi yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan negara.

Demikian posting ilmu pengetahuan kali ini.  Semoga artikel pengertian geografi menurut para ahli dari masa ke masa secara lengkap ini bermanfaat.